Ramadhan yang Tertinggal Jauh

Tulisan ini dibuat setelah sidang Isbat 2024 selesai, dimana penentuan 1 ramadhan jatuh di hari selasa besok tanggal 12 Maret 2024 dan kemungkinan saya tidak tarawih karena sedang di depan laptop lagi ngetik. mendekati ramadhan tahun ini cuaca sedikit buruk lagi sering-seringnya turun hujan suasana hati juga jadi gloomy ya agak sedih, sebenarnya karena ini puasa pertama sepeninggal mama agustus 2023 lalu. jujur puasa tahun kemaren jadi sangat berbekas di hati entah kenapa berharap puasa selanjutnya itu gak datang dalam waktu dekat, pengen ramadhan datengnya lama.

 

Kalo boleh nebak kayaknya masih ngerasa ga rela 2023 jadi puasa dan lebaran terakhir dengan mama yang dimana itu jadi kesempatan ketemu terakhir kali. Saya bukan anak yang selalu baik tapi selalu pengen gak ngerepotin orang tua pikiran ini mengakar dari kecil banget mungkin mulai dari TK/SD ini jadi satu-satunya yang diyakini hal terbaik dari saya yang bisa dilakukan selama mama hidup.


Perjalanan pulang ke palembang ramadhan tahun lalu jadi kenangan kecil yang manis dengan beberapa masalah di dalamnya jarak dari rumah ke bandara yang lumayan jauh jadi abis sahur langsung berangkat, pesawat delay 1 jam karena ada masalah teknis mesin pesawat maklumlah pesawat singa terbang emang suka kayak gitu, waiting room Bandara Soekarno Hatta penuh banget ga ada tempat duduk, dan posisi lagi puasa jadi ya lemes aja, nungguin pesawat sekitar satu jam kemudian pesawat baru bisa landing.


Sesampainya di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin 2 jam 12 siang terus nungguin mas mobil travel tapi udah ditungguin 25 menitan ga dateng-dateng susah juga ngontaknya akhirnya mutusin untuk naik LRT Palembang karena bandara palembang udah terintegrasi dengan LRT turun di Pasar Cinde mesen mobil travel langsung disana dapet dan butuh waktu 2-3 jam untuk sampe kampung, selama perjalanan sempet berhenti beli martabak har buat buah tangan karena mama suka martabak har, singkat cerita akhirnya sampe kampung, mama jemput pake motor jam 6 sore sepanjang jalan kampung membawa kembali kenangan yang jauh tertinggal. sesampainya dirumah disambut santapan khas berbuka dengan lampu rumah yang temaram, suara decit kayu rumah, aroma khas kampung, azan maghrib masjid deket rumah, tempat-tempat yang familiar dulu dan hangatnya rumah.


Merayakan sepi paling riuh sepanjang hidup penulis, Abadi di sana doa akan slalu bergemuruh 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.