FOR AUTHORS 2023

Tahun 2022 itu transisi kehidupan mungkin ya, dari tadinya mahasiswa sekarang jadi pekerja lebih tepatnya sih budak korporat, mengawali tahun ini dengan cukup produktif karena sudah terhitung Probation dari bulan januari-maret 2022 di salah satu agensi desain. awal-awal masih enjoy karena excited kan masuk dunia kerja tapi itu tidak lama karena satu minggu kemudian CAPEK cuy perjalanan, Butuh waktu 2,5 jam untuk sampai ke kantor di daerah Grogol kebetulan gua masih berdomisili di Bojong Gede ya (numpang tempat saudara GATAU MALU SIH tapi mau gimana ngab) dan gua baru merasakan istilah tua di jalan untuk temen kuliah gua yang rumahnya di bekasi RESPECT FOR YOU hehe dan mungkin dikepala kalian bertanya-tanya "bal kenapa gak ngekos?" ya lu pikir aja anak probation mana yang pede untuk ngekos, orang diterima juga belum tentu.

 

Setelah melewati masa probation 3 bulan yang CAPEK itu akhirnya resmi diterima as a Graphic Designer Fulltime bulan april 2022 tapi masalah tidak berhenti disana sebagai pencari tempat tinggal gua survei dong harga-harga kosan disekitar tempat kerja yang kebetulan deket kampus Trisakti, tentu banyak kosan sudah jelas tapi apakah harganya ramah jelas tidak ya untuk freshgraduate seperti saya, ya alternatif yang musti dipilih adalah cari kosan yang sedikit jauh dari kantor memang harus naik transportasi umum lagi tapi lebih worth it di kantong ya. 


Setelah survei gua tidak langsung memutuskan untuk pindah ya karena saat itu gua mikir nabung dulu bisa kali, tapi karena  merasakan sibuknya jam pergi dan pulang kantor selama ya kurang lebih 9 bulan kerjaan jadi gak seefisien itu karena waktu banyak habis dijalan, pergi jam 6 pagi pulang jam 5 sore sampai jam 9 malam berulang terus jadi lebih banyak hidup di jalan daripada dirumah dan gua rasa itu udah gak sehat, dan terbukti benar sempat beberapa kali sakit ya walaupun tergolong ringan pusing, pegel, mata merah tapi alasan utamanya adalah karena desak-desakan di KRL sumpah apalagi pulang ke arah BOGOR. Akhirnya bulan agustus 2022 gua sudah mulai ngekos di Grogol kosannya lumayan bersih, akses transportasi umum gampang, deket tempat makan, deket klinik, orang-orang dikosan rata-rata orang yang kerja jadi jarang basa basi wkwk masa adaptasi gua dikosan sebenarnya gampang ya cuman alokasi bulanan agak tricky karena listrik semahal itu ya untuk ukuran anak kosan.


Kehidupan setelah ngekos signifikan perubahannya gabisa dibilang oke tapi keterlaluan kalo bilang gak oke jadi sepanjang bulan agustus 2022 gua bisa merasakan tenang tuh dijalan gak ada rasa-rasa kek "anjir udah jam segini telat gua" kayak orang-orang lah pergi jam 8 pagi balik jam 5 sore sampai jam 6 sore sangat normal sampe sebulan kemudian di bulan september 2022 kantor WFH tiba-tiba sekali ya infonya gua mikir gimana ya posisi baru banget ngekos dan nyaman sebenarnya di satu sisi gua gak harus ke kantor jadi bisa menghemat banget karena beberapa pertimbangan gua pikir akan lebih baik jika tetep lanjut ngekos dan terbukti benar ya KPI bulan september 2022 gua capai target ternyata ngekos berbanding lurus dengan kinerja kerja ya. 


Masalah yang datang saat diterapkan sistem WFH adalah waktu kerja jadi sama kayak karet bisa dimelarin sampe jam 10 malem jelas ya gak sehat, sangat susah sebenarnya ngatur waktu untuk main, istirahat dan kerja. hasilnya adalah tahun ini sangat jarang main sama temen ya 3 kali doang maen yang tatap muka gitu karena udah capek senin-jumat kerja sabtu-minggu juga sebenarnya masih ngerjain revisi dan preview baru cuman dibilangnya bisa FLEKSIBEL waktunya yaudahlah ya ga harus dijadiin beban tapi memang bener agensi apapun itu hustle culturenya pol-polan jadi istirahatnya harus pinter-pinter candaan gua ke partner kerja sih kayak gini "kita itu keren ya manajemen stress kita jago, tuhan sediain banyak kerjaan tapi kita milih agensi." 


Kemudian menjelang akhir tahun di bulan november 2022 gua udah ada rencana untuk resign tahun depan karena selama beberapa bulan kerja disini gua udah ada gambaran jelas visi perusahaan dengan gua ternyata tidak sejalan bukan karena kinerja, komunikasi atau atasan tapi ada beberapa hal yang memang gabisa sejalan dan ga harus sejalan, ini mungkin jadi keputusan yang akan sangat berpengaruh di tahun depan ya jelas tapi yang bisa gua harapkan adalah ini bisa jadi keputusan paling baik semoga ya. Bulan desember 2022 masih WFH dan sepertinya akan terus begini sampai tahun depan gatau juga sih tapi yang gua tau adalah bulan ini banyak awan gelap, angin, dan hujan jadi untuk menanggapi cuaca yang ekstrim ini gua ga sering keluar kosan. paling kalo keluar ke coffee shop untuk kerja itupun disekitaran kosan untungnya banyak coffee shop disini jadi bisa gonta-ganti suasana. 


Oke kita masuk konklusi tahun ini gua agak ragu untuk bilang ini tapi harus diakui gua khawatir soal hidup gatau beneran khawatir atau lagi capek aja karena kerjaan, yang pasti gua sering kepikiran soal hidup gua udah baik belum ya? keputusan dalam hidup ini gak gua sesalin nantinya kan? gua mau apa ya selanjutnya? dan pertanyaan lain semacam itu gua harap tahun depan nanti gua bisa baca lagi dan gua jawab kalo belum nemu jawabannya ya gua minta extra time ke wasit ya. Untuk penulis di tahun 2021 dari penulis di tahun 2022 "Lakuin yang semestinya semangat dan semoga" gua udah ngelakuin hal yang gua bisa dengan semangat tapi semoga gak segampang itu ternyata. Untuk penulis di tahun 2023 dari penulis di tahun 2022 gua mau kasih lu ini aja "Life's too fast I try to slow it down But nothing ever lasts" 


Sampai Jumpa di desember tahun depan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.